Home » » Pekalongan Community: Chand Baori, Sumur Kuno Terbesar di Dunia

Pekalongan Community: Chand Baori, Sumur Kuno Terbesar di Dunia

Written By Harga Dari on Sabtu, 14 September 2013 | 5:42:00 PM

Pekalongan Community
Pekalongan | Download Game PointBlank, Download Game LostSaga, Download Game Crossfire, Download Game Dragon Nest, Tips Trick Game | www.pekalongan-community.com 
LSAT prep from HLS-educated instructors

LSATMax includes video lessons, unlimited personal attention & support, and over 6,000 real questions from previous LSAT's. Enroll for just $299.
From our sponsors
thumbnail Chand Baori, Sumur Kuno Terbesar di Dunia
Sep 14th 2013, 10:41, by Pekalongan Community



Chand Baori di desa Abhaneri Rajasthan timur merupakan salah satu landmark negara India, sumur yang berdinding anak tangga dari batu. Sumur itu merupakan yang tertua di Rajasthan dan dianggap sebagai yang terbesar di dunia.


Tampilan Chand Baori sama sekali tak terlihat seperti sumur. Dengan struktur persegi sempurna dan 13 undakan, sepanjang dinding memiliki tangga ganda yang membentuk segitiga. Sebanyak 3.500 tangga diatur dalam sebuah simetri menuju dasar sumur sedalam 20 meter.
Sumur kuno itu dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha. Sumber air dimanfaatkan oleh penduduk sekitar selama berabad-abad sebelum ada penyaluran air modern. Meski tak lagi digunakan, bangunan berusia lebih dari 1.000 tahun tersebut masih kokoh. Sumur berdampingan dengan sebuah kuil yang menjadi lokasi lain penjelajahan turis.


Dinding sumur, yang disebut bawdi atau baori, memiliki undakan tangga yang dibangun, menurut warga untuk memungkinkan lebih banyak orang yang bisa mencapai dasar demi mendapat air.
Kendati begitu, tak ada yang tahu pasti alasan dibalik bentuk geometris rumitnya. Sebagian orang percaya bentuk tersebut digunakan sebagai situs pemanenan air, karena wilayah ini dikenal sebagai tempat kering. Mulut sumur yang besar digunakan sebagai penampung air hujan.


Selain sebagai sumber mata air, Chand Baori juga tempat berkumpul warga untuk mendinginkan diri selama musim panas. Suhu di bagian bawah sumur 5-6 derajat lebih dingin daripada bagian atasnya.
Di salah satu sisi yang memiliki paviliun, pengunjung bisa menyaksikan patung-patung dengan berbagai ukiran. Di sini juga ada ruang khusus yang diperuntukkan bagi Raja dan Ratu untuk menyaksikan pertunjukan seni.
Sumur ini kini dikelola oleh Survei Arkeologi India.

Sumber : @terselubung

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harga Dari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger