Home » » Pekalongan Community: Sejarah dan Mitos Tentang Toyota yang Wajib Diketahui

Pekalongan Community: Sejarah dan Mitos Tentang Toyota yang Wajib Diketahui

Written By Harga Dari on Rabu, 03 Juli 2013 | 3:58:00 PM

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
Pekalongan Community
Pekalongan | Ini Bukan Maincit.net , Ini Bukan E991 apalagi Toyibg.blogspot.com | Pekalongan Community membagikan Cheat PointBlank Free Terbaru, Cheat Crossfire Free Terbaru , Cheat DragonNest Free Terbaru, Cheat Cabal Online Free Terbaru, Cheat Ninja Saga Terbaru , Dan Membagikan Semua Hal Hal Unik , Lucu , Aneh , ANgker , fantastic , Wow , Paling Di Dunia Secara Terbaca dan GARTIS | www.pekalongan-community.com
thumbnail Sejarah dan Mitos Tentang Toyota yang Wajib Diketahui
Jul 3rd 2013, 08:58, by Pekalongan Community



Untuk sebagian besar orang Indonesia, mungkin baru mengenal mobil Toyota saja tanpa mengetahui bagaimana produsen mobil terbesar dunia ini berdiri pada mulanya. detikOto pun mendapatkan kesempatan menilik sejarah awal berdirinya Toyota di Jepang.
Toyota sendiri tadinya awalnya menggunakan nama Toyoda. "Namun karena dinilai kurang menguntungkan dari sisi pemasaran dan feng shui, maka nama Toyoda yang merupakan nama keluarga pendiri diganti menjadi Toyota," tutur Ketua Museum Toyota Kuragaike Commemorative Hall Koji Matsuura kepada wartawan Indonesia.
Museum ini merupakan salah satu museum yang didirikan Toyota di Jepang. Museum ini terletak di Nagoya, Jepang dan mulai dibangun pada bulan September 1974 tepatnya saat produksi Toyota mencapai 10 juta unit.
Di dekat kawasan ini, ada rumah pendiri Toyota yakni Kiichiro Toyoda.


Sejarah awal berdirinya Toyota

Tadinya Toyota ini bukanlah sebuah perusahaan mobil. Sakichi Toyoda (1867-1930) adalah seorang industrialis pertama Jepang. Dia merupakan salah satu penemu mesin tenun.
"Ayah saya adalah seorang tukang tenun, sedangkan saya adalah automobile man," begitu yang ada di benak anak Sakichi yakni Kiichiro (1894-1952).
Di Jepang pada tahun 1920-1930an, mobil-mobil keluaran AS seperti Ford dan GM mulai masuk dan merakit mobilnya di Jepang. Kiichiro Toyoda pun resah dan gelisah karena belum ada produsen otomotif lokal yang bisa berhasil dari sisi bisnis.
Sepulangnya dari Eropa dan AS, Kiichiro Toyoda mulai bermimpi untuk menciptakan sendiri mobil yang diproduksi oleh negeri Jepang.
Mulailah Toyoda dan timnya membangun pabrik dan membongkar mobil-mobil AS seperti mobil Chevrolet tahun 1933 untuk dilihat bagaimana suku cadangnya. Singkat kata Toyoda berhasil membuat mobil dengan mesin yang lebih kecil.
Perjuangan untuk membuat mobil Jepang dilanjutkan dengan membangun blok silinder pada Juli 1934. Dan di bulan September 1935, Toyoda melakukan test run mobil mereka.
Mobil penumpang pertama yang diproduksi adalah Toyoda Model AA Sedan yang dirilis bulan September 1936.
Beberapa model truk dan mobil yang diproduksi dalam kurun waktu 1935-1947 adalah:
Toyoda Model G1 Truck 1935 
Toyota Model GB truck 1938 
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938 
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go) 1939
Toyopet Model SA small passenger car 1947 
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go)" 1939 
"Toyopet Model SA small passenger car 1947 
Toyopet Model SB small truck 1947 
Toyota Model BM truck 1947 
Toyopet Model SB small truck 1947 
Toyota Model BM truck 1947
Mimpi Toyoda untuk membangun mobil sendiri sempat terkendala saat Perang Dunia II di 1945. Jepang mengalami kebangkrutan masif karena kalah perang. Perusahaan-perusahaan Jepang ramai-ramai menyatakan kebangkrutan namun Toyota tetap bertahan dan akhirnya bisa kembali memproduksi mobil.
Namun mobil yang paling mendapat sorotan adalah Toyopet Crown Model RS yang melakukan debut perdana pada 1955. Mobil ini merupakan mobil pertama yang betul-betul diproduksi di Jepang.
Itulah Toyota, dari awalnya yang hanya mimpi dari Kiichiro kini berhasil menjadi produsen terbesar dunia. Bahkan ekonomi Jepang pun kini bertumpu pada Toyota.
 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harga Dari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger